Perpustakaan hadir dalam kereta


Kabar menggembirakan tentang perpustakaan datang dari Kota Cirebon, dimana PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) III Cirebon mengubah gerbong kereta api menjadi perpustakaan dengan fasilitas yang cukup nyaman dan gratis. Kereta yang dirangkai dengan gerbong rail klinik untuk layanan kesehatan gratis ini bisa berkeliling ke seluruh kota di pulau Jawa.

Menurut saya, hal ini patut mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia, apalagi kereta menjadi salah satu bagian moda transportasi yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Tentu salah satu cara untuk membudayakan minat baca di tengah masyarakat kita, salah satunya ya melalui kereta perpustakaan. Setidaknya para penumpang ketika berada di kereta merasa semakin nyaman selama dalam perjalanan. Selain tujuan perjalanannya tercapai dengan nyaman, juga dapat menambah ilmu pengetahuan.

Sekilas dilihat dari luar kereta api yang tengah lansir di Stasiun Babakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini, tak bedanya seperti kereta pengangkut penumpang pada umumnya. Namun saat masuk ke dalam gerbong, langsung merasakan suasana di dalam perpustakaan.

Gerbong ini dilengkapi dengan tumpukan ratusan buku yang ada di sisi kanan dan kiri bagian dalam gerbong tersebut. PT KAI menamakan kereta api ini Rail Library atau kereta perpustakaan.

Direktur SDM & Umum PT KAI Apriyono mengatakan, lebih dari 500 buku tersedia dalam gerbong perpustakaan ini. Tak hanya buku, dalam gerbong juga dilengkapi dengan enam unit komputer yang sudah terhubung dengan koneksi internet.

Selain itu, suasana perpustakaan cukup nyaman karena dilengkapi dengan tempat duduk dan pendingin ruangan sehingga sejumlah warga dan anak anak yang membaca di gerbong ini betah. Sejumlah pembaca juga mengaku nyaman mengunjungi perpustakaan gerbong kereta ini.

Hebatnya, kereta perpustakaan ini juga menyatu dengan rail klinik atau yang sudah ada sebelumnya. Rail Klinik ini juga memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan. Gerbong ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang memadai dan sejumlah tenaga medis.

“Rail Library dan Rail Klinik ini menyatu menjadi satu kereta, terdiri dari empat gerbong kereta. Diharapkan dengan adanya layanan baca dan kesehatan gratis ini akan dapat membantu program pendidikan dan layanan kesehatan bagi masyarakat. Rail Library ini bisa berkeliling dan lansir ke sejumlah stasiun-stasiun di daerah di pulau Jawa,” katanya, Jumat

Semoga kebijakan mengenai fasilitas perpustakaan di kereta yang dilakukan oleh DAOP Cirebon menjadi salah satu pemicu lahirnya perpustakaan-perpustakaan di moda transportasi yang lain. Jumat (17/11/2017).(IW)

Sumber : Klik disini

 

 


Konsultasi Perpustakaan

Lembar Konsultasi perpustakaan ini di Asuh oleh Bapak Itmamudin, SS.,M.IP yang merupakan seorang Pustakawan, Praktisi Perpustakaan dan Konsultan Perpustakaan.

FB. itmam_wafa@yahoo.com
IG. itmam_elwafa
 

STATISTIK USER

Pengunjung hari ini : 36
Total pengunjung : 12539

Hits hari ini : 69
Total Hits : 26048

Pengunjung Online: 1