Perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga mengadakan FGD


Salatiga, Senin 21 Maret 2016 Kantor perpustakaan dan Arsip Kota Salatiga mengadakan Focus Group Discussin (FGD) Perpustakaan menghadirkan Wakil Walikota Salatiga H. M. Haris, M.Si, Ketua Komisi III DPRD Kota Salatiga Bapak Dance, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Salatiga sekaligus pustakawan IAIN Salatiga Itmamudin, SS.,M.IP, Dosen Ilmu Perpustakaan UKSW Salatiga serta Pengelola Kegiatan Belajar Masyarakat Bapak Bahrudin dari kalibening salatiga.

Hadir sebagai peserta para pustakawan perguruan tinggi, pustakawan sekolah, para kepala sekolah, para pengelola TBM, pemerhati perpustakaan dan beberapa elemen masyarakat yang lain.

Pada kesempatan terebut, hadir juga Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Salatiga Ibu Tri Maryani sebagai perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Salatiga. selain itu hadir juga Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga, bapak Wiji Suwarno sekaligus pustakawan di IAIN Salatiga. Direktur Perpustakaan UKSW Salatiga IBU Tintin juga hadir meramaikan acara tersebut.

Momen tersebut menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para pustakawan dan pengelola perpustakaan se-Kota Salatiga, betapa tidak karena momen ini sungguh menjadi media teman-teman pustakawan menumpahkan unek-uneknya dalam pengembangan perpustakaan di kota salatiga. selain itu kegiatan ini juga menjadi spesial karena dapat menghadirkan para tokoh Kota Salatiga yang sangat peduli terhadap perpustakaan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Salatiga menyampaikan dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Perpustakaan Daerah dan beliau sangat menginginkan bahwa Kota Salatiga menjadi Kota Literasi, sehingga masyarakat menjadi masyarakat yang cerdas dan berkarakter. pada kesempatan yang sama Ketua komisi III DPRD Kota Salatiga bapak Dance memberikan gambaran betapa Budaya literasi masyarakat kota salatiga masih cukup rendah bila dibandingkan dengan kota singapura. oleh sebab itu, belia menghendaki tidak hanya kota literasi tetapi lebih dari sekedar membaca melainkan gerakan menulis perlu digerakkan di semua lini.

Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Kota Salatiga bapak Itmamudin, SS.,M.IP yang juga seorang pustakawan yang sudah sering mengunjungi perpustakaan perpustakaan di Kota ini, menyampaikan mengenai kondisi perpustakaan di kota salatiga, sekaligus menyampaikan kondisi para pustakawan kota salatiga yang sementara ini masih perlu perhatian yang serius dari para pengambil kebijakan. hal ini di dengar langsung oleh bapak Wakil Walikota yang berjanji akan memperhatikan perpustakaan dan pustakawan di Kota Salatiga ini.

Bapak Bahrudin selaku tokoh masyarakat sekaligus pemilik Qoryah Toyyibah menyampaikan mengenai pentingnya Perhatian para pendidik untuk menjadi orang tua asuh bagi para siswanya. tentu hal ini berbandinglurus dengan visi pustakawan sebagai pendidik yang perlu menerapkan konsep parenting dalam melakukan tugasnya sebagai pustakawan di sekolah maupun di TBM dimana mereka berkecimpung.

Elizabeth Sri Lestari sebagai nara sumber terakhir menyampaikan berbagai hal mengenai akselerasi perpustakaan di kota salatiga perlu dilakukan, tentu hal ini untuk mendukung gerakan literasi di kota salatiga ini.

Acara ini dipandu oleh Ibu Yuniwati Yuventia yang merupakan Pustakawan, dosen ilmu perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang, yang tentu menjadikan acara ini sangat meriah dan tetap sasaran. kemudian di tutup dengan pembuatan rekomendasi oleh para peserta diskusi untuk disampaikan kepada para pengambil kebijakan dalam rangka pengembangan perpustakaan di Kota ini untuk memberikan perhatian yang lebih kepada dunia kepustakawanan, sehingga ke depan Cita-cita kota ini menjadi kota Literasi benar-benar terwujud….aminnnn


Konsultasi Perpustakaan

Lembar Konsultasi perpustakaan ini di Asuh oleh Bapak Itmamudin, SS.,M.IP yang merupakan seorang Pustakawan, Praktisi Perpustakaan dan Konsultan Perpustakaan.

FB. itmam_wafa@yahoo.com
IG. itmam_elwafa
 

STATISTIK USER

Pengunjung hari ini : 32
Total pengunjung : 12535

Hits hari ini : 40
Total Hits : 26019

Pengunjung Online: 1